Koneksikan Basis Data MongoDB dengan Laravel

Salah satu keunggulan Laravel adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan berbagai jenis basis data, termasuk MongoDB. Dukungan resmi untuk MongoDB di Laravel disediakan melalui paket mongodb/laravel-mongodb, yang merupakan perluasan dari Eloquent, ORM bawaan Laravel.

Paket mongodb/laravel-mongodb memungkinkan pengembang Laravel untuk menggunakan MongoDB sebagai basis data untuk aplikasi mereka dengan mudah. Dengan menggunakan paket ini, pengembang dapat memanfaatkan kekuatan dan fleksibilitas MongoDB dalam membangun aplikasi yang skalabel dan performa tinggi.

Instalasi MongoDB di Windows

Untuk menggunakan MongoDB di sistem operasi Windows, saya menyarankan Anda untuk menggunakan Laragon sebagai lingkungan pengembangan pada perangkat Anda.

Aktivasi MongoDB PHP Driver di Windows

  1. Silahkan unduh driver dan sesuaikan pada versi PHP yang digunakan pada tautan berikut https://github.com/mongodb/mongo-php-driver/releases/
  2. Kemudian ekstrak file yang sudah diunduh dan silahkan salin file php_mongodb.dll ke direktori ekstensi php. Contohnya terletak pada C:\laragon\bin\php\php-8.2.3-nts-Win32-vs16-x64\ext. Jika menggunakan Laragon, untuk masuk ke direktori ekstensi dapat dilakukan dengan cara seperti berikut :
  3. Kemudian tambahkan baris berikut extension=php_mongodb.dll ke file php.ini untuk setiap lingkungan yang perlu menggunakan driver. Jika menggunakan Laragon, untuk mengaktifkan ekstensi mongodb dapat dilakukan dengan cara seperti berikut :

Konfigurasi MongoDB di Proyek Laravel

Instalasi paket MongoDB dengan menggunakan Composer

composer require mongodb/laravel-mongodb

Tambahkan Service Provider pada file config/app.php

'providers' => [
  // ...
  MongoDB\Laravel\MongoDBServiceProvider:: class,
],

Tambahkan koneksi MongoDB ke config/database.php:

'connections' => [
    'mongodb' => [
        'driver' => 'mongodb',
        'host' => env('DB_HOST', '127.0.0.1'),
        'port' => env('DB_PORT', '27017'),
        'database' => env('DB_DATABASE', 'forge'),
        'username' => env('DB_USERNAME', 'forge'),
        'password' => env('DB_PASSWORD', ''),
        'options' => [
            'appname' => 'forge',
        ],
    ],
],

Terakhir, silahkan atur file .env atau environment variable :

DB_CONNECTION=mongodb
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=27017
DB_DATABASE=forge
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Bagikan Artikel Ini

Komentar

Artikel Terkait

Koneksikan Basis Data MongoDB dengan Laravel

Salah satu keunggulan Laravel adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan berbagai jenis basis data, termasuk MongoDB. Dukungan resmi untuk MongoDB di Laravel disediakan melalui paket mongodb/larav

Baca Selengkapnya

Laravel Logging dengan Notifikasi Slack

Laravel Logging adalah fitur yang disediakan oleh framework Laravel untuk mencatat aktivitas atau peristiwa yang terjadi dalam aplikasi. Logging ini berguna untuk memantau dan menganalisis apa yang t

Baca Selengkapnya