Apa itu Unified Modeling Language

UML adalah bahasa pemodelan grafis yang digunakan untuk mengidentifikasi, memvisualisasikan, menyusun, mengatur, dan mendokumentasikan artefak sistem perangkat lunak. Ini mencakup semantik, notasi, dan pedoman. Ini bertujuan untuk mendukung metodologi pengembangan berorientasi objek terkini.

Sejarah

Versi Unified Modeling Language saat ini adalah UML 2.5, dirilis pada bulan Juni 2015 [Spesifikasi UML 2.5]. Spesifikasi UML (standar) diperbarui dan dikelola oleh Object Management Group (OMG) OMG UML. Versi pertama UML dibuat oleh "Three Amigos" - Grady Booch (pencipta metode Booch), Ivar Jacobson (Object-Oriented Software Engineering, OOSE), dan Jim Rumbaugh (Object-Modeling Technique, OMT).

Klasifikasi

Sedang Memuat

UML diagram dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • Diagram Struktur menunjukkan struktur statis sistem dan bagian-bagiannya pada tingkat abstraksi dan implementasi yang berbeda serta keterkaitannya satu sama lain.
  • Diagram Perilaku menunjukkan perilaku dinamis objek-objek dalam suatu sistem, yang dapat digambarkan sebagai serangkaian perubahan pada sistem dari waktu ke waktu.

Jenis

Structure Diagram yang sering digunakan terdiri dari :

  1. Class Diagram
  2. Component Diagram
  3. Package Diagram

Behavior Diagram yang sering digunakan terdiri dari :

  1. Use Case Diagram
  2. Activity Diagram
  3. State Machine Diagram
  4. Sequence Diagram

Contoh

Class Diagram

Sedang Memuat

Component Diagram

Sedang Memuat

Package Diagram

Sedang Memuat

Use Case Diagram

Sedang Memuat

Activity Diagram

Sedang Memuat

State Machine Diagram

Sedang Memuat

Sequence Diagram

Sedang Memuat

Refrensi

Li, Q., & Chen, Y.-L. (2009). Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems From Requirements to Realization.

The Unified Modeling Language. (n.d.). Retrieved January 24, 2024, from https://www.uml-diagrams.org/

What is Unified Modeling Language (UML)? (n.d.). Retrieved January 24, 2024, from https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/what-is-uml/

Bagikan Artikel Ini

Komentar

Artikel Terkait

Apa itu Unified Modeling Language

UML adalah bahasa pemodelan grafis yang digunakan untuk mengidentifikasi, memvisualisasikan, menyusun, mengatur, dan mendokumentasikan artefak sistem perangkat lunak. Ini mencakup semantik, notasi, d

Baca Selengkapnya